Asi vs sufor

World breastfeeding week !!! Ada juga yaa ternyata..baru nyadar menyusui pun dirayakan (pergi ke planet mana mak, kok baru nyadar). Alhamdulillah nawab hampir satu tahun usianya, dan sampai sekarang masih asi. Alhamdulillah asi bunda juga masih mencukupi nawab walo gk deres kayak awal2 menyusui.

Sebetulnya bunda mulai belajar dan sadar, menyusui itu seperti anugerah, krn tdk semua orang diberi anugerah untuk bisa menyusui walopun pingin bingit.bunda belajar dari pengalaman adik dan sodara sepupu bunda. Bagaimana mereka berusaha untuk dapet menyusui anaknya secara eksklusif. Ada yang berhasil ada yang akhirnya berujung pada sufor.

Sodara sepupu dan adik saya cukup kesulitan di awal2 menyusui karena air susu ada yang belum keluar, bahkan setelah satu minggu sepupu saya belum keluar juga asinya. Padahal mereka termasuk doyan makan sayur. Beda sma saya yang dari dulu jarang makan sayur. Bahkan saat hamil juga jarang sayur. Tapi air susu sayaa alhamdulillah melimpah dan tidak mengalami kesusahan. Tapi bukan berarti yang saya lakuin bener yaa. Karena setelah menyusui saya mulai sering makan sayur, walopun makannya lama banget habisnya. Kalo gk makan sayur 3 hari aja, air susu langsung seret.

Diawal2 menyusui, bunda juga “menyalahkan” bunda2 yg lain yang memberi sufor ke baby.  ” kenapa kok pake sufor”, “gak boleh nyerah, usaha dulu”. Skrg bunda berusaha untuk bersikap netral. Bukan masalah asi ato sufor, tetapi bagaimana Allah memberi rejeki ke kita dan baby kita. Sebagai manusia qt wajib berusaha dulu dengan maksimal. Hasilnya tetap berusaha membri yang terbaik untuk baby kita. Karena gak ada ibu yang gak ingin anaknya dapat yang terbaik. Tapi bagaimanapun “ASI IS THE BEST”.

Yaa…memang yang dibutuhkan saat ini bukannya menyalahkan ato membenarkan apa yang kita lakukan. Karena semua itu kembali kepada bagaimana kita masing2 individu berusaha dan rejeki yang sudah Allah kasih. Yang bisa dilakukan adalah saling menghargai, menghirmati, mensupport para bunda. Bisa saja tanpa kita sadari, dengan “membully” bunda yang memberi sufor malah membuat mereka tambah stress dan air susu mereka malah gak keluar keluar.. hehehe…yaa semoga saya juga bisa merubah sikap n mindset saya.

Mari bunda kita berusaha dulu semaksimal mungkin dan berdoa… Ganbatte bunda yang masih tahap menyusui dan berusaha menyusui baby nya secara eksklusif.

Today is a big day

Alhamdulillah… hari ini nawab genap 180 hari. Gak kerasa sudah besar. Menurut who sudah mulai bisa diperkenalkan mpasi. Tapi hari ini bukan mpasi perdana Nawab. Bunda terpaksa memulai mpasi nawab seminggu lebih awal. Alasannya terkahir kali nawab ditimbang bb nawab gak naik dari bulan lalu, malah turun. Menurut praktisi kesehatan yang saat itu datang di posyandu kemungkinan bisa jam tidur yang kurang atau asi nya habis dijadikan tenaga (mungkin bener yaa, soalnya nawab aktif banget, sampe tangan bunda berkali2 keseleo). Alhasil dimulai lah mpasi perdana nawab setelah timbang.

Untuk 2 hari pertama bunda beri pisang yang dikerok. Alasannya karena nawab punya riwayat refluk. Dan dari buku n literatur yang bunda baca, buah pisang mempunyai zat yang menenangkan untuk perut, terutama untuk bayi yang mempunyai riwayat refluk. Alhamdulillah dia mau walaupun gak banyak. Cuma 5 sendok bayi. Sisanya bunda yang habisin.

anjutnya bru bunda kenalin menu serelia seperti beras merah, putih. Mungkin bunda2 semua bingung, bunda nawab adopsi versi who atau fc(food combining). Sebetulnya bunda lebih condong ke who, tapi buah yang pertama bunda kenalin karena nawab belum genap 180 hari.

Sampai saat ini makanan yang sudah bunda kenalin beras merah, putih, kentang dan kacang ijo. Untuk kentang proses perkenalannya butuh kekuatan, karena nawab gak begitu doyan. Hari ini menu nawab kacang ijo, dan alhamdulillah dia suka.

Untuk resep2 mpasi nawab insyaAllah akan bunda share lain waktu yaa…. mau berangkat ngurut Nawab dulu, soalnya semalam nawab agak rewel bubuknya…

Akhirnya ketemu lagi!!!!!

Waahhh sudah lama bunda gak bikin coretan disini. Akhir2 ini bunda lagi sibuk, karena om-on nawab pada pulang dalam rangka liburan semester. Jadinya sibuk riwa riwi kerumah kakek nenek. Untung rumah nenek sma rumah mbah cuma berjarak kurleb 1 km.. jadinya bisa hampir tiap hari riwa riwi.

Nawab sekarang sudah 5 bulan 8 hari. Tambah nggemesi. Kalo dipanggil namanya noleh sambil senyum. Tambah pingin gigit…. bb sekarang 7,6 tb 65 cm.perkembangan yang paling pesat sudah layah tengkurepnya. Sudah gak bisa ditinggal.

Bunda gak berani upload foto nawab terbaru. Soalnya akhir2 ini marak berita penculikan anak. Oia hari ini bunda nyoba ngasih nawab mpasi pertama. Bunda beri nawab buah pisang kepok merah. Kenapa buah pisang, kok gak bubur beras. Ini karena nawab punya riwayat refluk, dan buah pisang punya sifat menenangkan dan menetralkan pencernaan. Tapi tetep aja beberapa jam habis makan nawab muntah walupun gak banyak. Karena masih tahap pengenalan jadi gak perlu kasih tiap hari. Gak sabar nunggu hai Hmpasi nawab.

Mengatasi flu pada bayi

Beberapa hari yang lalu Nawab sakit bapil. Sampai saat ini diusia 4 bulan Nawab belum pernah sakit yang bikin pusing Ayah bunda nya kecuali waktu khitan. Kasihan banget lihat dia batuk batuk dan napasnya berbunyi.

Tanda-tanda awal dia sakit gak ketahuan. Paginya masih sempet saya ajak jalan2 ke taman n cari sarapan. Malam harinya baru batuk-batuk dan susah tidur, mungkin krn hidungnya mulai mampet. Jadi tidurnya Nawab sambil digendong bunda.

Sejak awal bunda berusaha supaya gak gampang ngasih nawab obat. Akhirnya bunda googling cari info dari ibu2 yang sudah berpengalaman ngobati bapil dengan cara alami. Pertama bunda memarut kencur dan kunir setelah itu saya taruh di dahi nya.selain itu nawab sering bunda kasih mimik. Krn biasanya kalo kita kena flu tenggorokan rasanya kering banget, pingin minum terus. Selan itu supaya dia gak dehidrasi karena sering muntah. Muntah itu salah satu cara bayi ngeluarin dahaknya.

Buat ngeluarin ingusnya, nawab sering saya tengkurepkan. Biasanya lendirnya keluar, walaupun harus sabar menunggu. Buat melegakan pernapasannya saya pake transpulmin bb. Sejenis balsem Vicks tapi khusus bayi. Transpulmin bisa dibeli bebas di apotik kok bu. Dan lebih murah daripada pure baby. Sebelumnya pingin bel purebaby, sekalian buat penguapan. Akhirnya untuk penguapan, bunda naruh bakom berisi air panas dipojok kamar, lalu ditetesi minyak kayu putih. Baunya semriwing diseluruh kamar. Kalo ini harus rajin2ganti airnya bun. Supaya baunya tetep ada di kamar.

Karena demam nawab tidak terlalu tinggi, jadi bunda gak kasih paracetamol. Setiap pagi selama kena bapil, nawab bunda jemur gak pake baju. Dadanya bunda hadapin langsung ke sinar matahari. Setelah itu ditengkurepin.

Lah ini langkah terakhir dan mungkin gak semua bunda cocok. Bunda minum jamu sawan angin sehari 2x. Kalo jamu sawan angin itu untuk bapil bun, kalo sawan untuk kembung masuk angin. Kalo ini kursus langsung sama tukang jamunya. Karena awalnya bunda gak tahu n asal bilang apa yang disuruh orang tua.

Alhamdulillah bapil nawab gak parah banget. Bener2 sembuhnya 6 hari. Tapi rewelnya 3 hari pertama. Alhamdulillah sekarang nawab sudah sehat. Nawab sekarang 4m13d bb 7,6kg, tb 65 cm.

perkembangan bayi 4 bulan

Alhamdulillah Nawab hari ini sudah 4 bulan. Sudah besar rek, sudah bisa diajak maim2. Tiap hari bunda gk pernah absen ngitung usia nawab..gak sabar sama tingkah laku nawab yang baru.. dan hari ini Nawab tengkurep sendiri tanpa bantuan. lucu waktu lihat dia miring2, pingin bantuin tapi ntar dia malah gak belajar. sabar ya bunda, harus tega supaya anak mandiri. tapi yang penting tetep diawasi. Baca lebih lanjut

Selamat datang cinta!!!!

annyeonghaseyo…welcome to our world….akhirnya ngeblog lagi..this is not my first blog.blog yang lama sudah terkubur bersama waktu, lupa pasword n namanya..jadi buat blog baru lagi. Catatan ini berisi kegiatan baruQ semoga ibu dan istri…semoga aq bisa telaten ngisi catatan ini, supaya bermanfaat juga buat ibu2 ato teman2 yang lain…chayoo Nuri….